English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Cara instalasi Linux Open Suse 11.00

.

CARA INSTALASI
OPEN SUSE 11.0

  1. Siapkan DVD Instalasi openSUSE 11.0




  2. Nyalakan komputer lalu tekan tombol F2 atau del untuk membuka bios, kemudian pilih boot dan tekan enter pada boot device priority. Ubahlah boot komputer dengan yang pertama kali booting CD-R/RW dan boot yang kedua dengan posisi Hardisk. Setelah itu Masukkan DVD Instalasi ,kemudian simpan dan keluar dengan menekan tombol F10.
  3. Kemudian akan muncul gambar seperti di bawah ini


  4. Kemudian tekan tombol F3 untuk memilih Video Mode dan pilih Vesa lalu tekan enter.Seperti gambar di bawah ini

  5. Tekan Enter pada Installation.
  6. Kemudian kita akan masuk Welcome Screen.)Lalu tekan Next atau(Alt+N)
  7. Kemudian next atau tekan tombol (alt+N).Setelah itu muncul gambar di bawah ini.

  8. Kemudian pilih iAgree to the license terms. Kemudian next atau tekan tombol (alt+N)dan akan muncul gambar dibawah ini.
  9. Lalu dengan otomatis openSUSE akan melakukan pendeteksi perangkat hardware dan sistem yang ada.Tunggu sampai proses selesai
  10. Berikutnya pilihan instalasi, apakah berupa Instalasi Baru, Update atau Perbaikan Instalasi Sebelumnya. Karena ini merupakan instalasi awal,lalu pilih New Installation.Dan pilih next atau tekan(alt+N)
  11. Kemudian disini kita disuruh menentukan waktu dan area waktu (Time Zone).Pilih Region dengan ASIA dan pada Time Zone pilih dengan Jakarta.Setelah itu pilih next atau tekan(alt+N)
  12. Pilihan berikutnya adalah menentukan desktop manager. Pilih menerut pilihan yang disukai baik Gnome, KDE 3.5, KDE 4 maupun Other. Kemudian tekan Next

  13. Setelah menentukan Desktop Manager, selanjutnya adalah menentukan formasi harddisk. Jika sudah memiliki data pada harddisk, jangan sampai data yang sudah ada yang bersangkutan dengan windows (Local Disk C:) atau data yang lain termasuk kedalam bagian yang akan diformat. Sebaiknya kosongkan satu partisi harddisk untuk di format.Kemudian pilih creatpartition setup kemudian muncul gambar
  14. Lalu pilih lagi pada creat dan akan muncul pilihan dan pilih Extended partition dan kemudian OK
  15. Setelah itu muncul gambar lagi dan pilih kembali dengan Custom Partition(for experts)dan pilih next atau tekan(alt+N)
  16. Setelah itu buat partition.Pertama buat dengan format file system swap dan tentukan kapasitasnya dengan ketentuan 2x kapasitas RAM kita,dan tekan OK
  17. Selanjutnya kita buat partisi dengan format file system Ext3 dan tentukan kapasitasnya,pilh Mount point dengan (/) dan klik OK

  18. Kemudian buat satu lagi partisi dengan format file system Ext3 dan entukan kapasitasnya,kemudian pada Mount point pilih (/home)dan klik OK.Setelah itu pilih next atau tekan(alt+N)
  19. Selanjutnya adalah menentukan nama user dan password sistem.
  20. Sebelum proses instalasi dilakukan, ada overview mengenai pilihan yang sudah dilakukan. Kita masih bisa melakukan perubahan dari halaman overview ini.Setelah itu pilh kembali Next atau tekan (alt+N)
  21. Kemudian pilihlah Install.atau tekan (alt+I).Tunggu sampai prises instalasi selesai
  22. Tahap terakhir adalah proses konfigurasi secara otomatis untuk menentukan resolusi layar dan konfigurasi hardware lainnya.

  23. Setelah proses ini selesai, kita bisa menggunakan openSUSE 11.0 dengan leluasa.






lintasberita

Share |
Silakan Pasang Link Anda Di Bawah Ini Dan Jangan Lupa Pasang Balik Link saya.
Thanks,
Recent Comment And Contact Us
foxyform.com
 
Selamat datang di Rendy'site | Terimah kasih atas kunjungannya. Tanbahkan komentar dan saran anda untuk perubahan yang lebih baik pada blog ini !