English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Setting Apache di SuSe 11.1

.



1. Sebelum melakukan setting apache pastikan DNS anda bekerja dengan baik.

2. Instal paket apache bias menggunakan yast-software management kemudian search apache dan pilih apache2 dan lakukan penginstalan. Atau lewat perintah yast –I apache2

3. Atau kita dapat melakukan penginstalan sekaligus paket-paket yang mendukung untuk nantinya kita lakukan konfigurasi, dengan cara masuk yast-software management, option filter ganti dengan pattern kemudian pilih pada Web and LAMP Server atau dengan perintah zypper in -t pattern lamp_server.

4. Kemudian untuk mengaktifkan lakukan rcapache2 start

5. Edit file server-default.conf untuk mengaktifkan pilihan index file dengan perintah vi /etc/apache2/server-default.conf, kemudian ganti Options nome menjadi Options all

6. Kemudian masuk ke direktori dengan perintah cd /etc/apache2/vhosts.d/. Lalu copy file vhost.template ke file dengan nama sesuai keinginan (akhirannya menjadi .conf)

7. Setelah itu file yang baru saja di buat untuk file virtual hostnya lakukan konfigurasi degan perintah vi rendy.conf (seumpamanya). Maskukkan NameVirtualHost *:80, server admin, server name yang sebelumnya di buat kemudian DocumentRoot yang nantinya di gunakan untuk mengacu pada direktori yang digunakan untuk tampilan webnya serta HostnameLookups harus off, sehingga seperti gambar dibawah ini

8. Kalau belum buat user yang di gunakan untuk mengakses direktori DocumentRootnya, dengan masuk yast-security and Users-Users and group management.

9. Kemudian buatlah tampilan webnya dengan cara buka file index.html di direktori masing-masing user seperti vi /home/rendy/public_html/index.html. Masukan script yang digunakan pada bahasa pemrograman HTML.

10. Kemudian lakukan restart pada apache dengan perinhtah rcapache2 restart. Kita juga dapat mensetting agar apache saat computer sesudah restart tetap jalan dengan perintah chkconfig –add apache2 dan chkconfig apache2 on.

11. Dan lakukan tes dari melalui web browser dengan mengetikkan domain yang sebelumnya di buat.

12. Untuk membuat tampilan web masing-masing jika domain terdapat lebih dari satu yaitu:

· Masuk ke direktori /etc/apache2/vhosts.d/ seperti no.6 dan copy lagi file vhost.template ke file nama tertentu asalkan tidak boleh sama antara satu dengan yang lain.

· Edit file yang baru kita buat sama seperti pada no.7, tapi yang perlu kita ingat saat kita membuat virtual host lebih dari satu yaitu pada NameVirtualHost *:80 dan *:80 ganti tanda bintang (*) dengan IP masing-masing domain yang kita buat. Sehingga kurang lebih seperti gambar berikut.

· Kemudian buatkan user lagi untuk tempat file index domain yang baru di buat.

· Setelah itu edit file index di direktori tersebut dengan perintah vi /home/tkj/public_html/index.html dan buat kode bahasa pemrograman html.

· Dan lakukan test dengan membuka tiap domain di web browser.

· Untuk tampilan yang lebih bagus kita dapat menggunakan aplikasi seperti joomla, wordpress, dll. Tinggal kita arahkan DocumentRoot virtual host masing-maing ke direktori yang berisi joomla atau wordpress.

Masalah yang sering muncul :

· Ketidaksamaan nameserver dan ip antara di DNS dengan virtual host

· Salah dalam mengarahkan DocumentRootnya.

· Yang paling sering saat kita setting virtual host yaitu kelupaan menambahkan prefix NameVirtualHost *:80 pada bagian atas konfigurasi sehingga semua virtual hosts akan merujuk ip yang sama

lintasberita

Share |
Silakan Pasang Link Anda Di Bawah Ini Dan Jangan Lupa Pasang Balik Link saya.
Thanks,
Recent Comment And Contact Us
foxyform.com
 
Selamat datang di Rendy'site | Terimah kasih atas kunjungannya. Tanbahkan komentar dan saran anda untuk perubahan yang lebih baik pada blog ini !