English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Setting XAMPP di Suse 11.1

.



1. Lakukan penginstalan aplikasi Xampp dengan cara ekstark master xampp ke dalam di rektori /opt/ denagan perintah tar zxvf (master xampp) –C /opt/

2. Kemudian jalankan lampp dengan perintah /opt/lamp/lamp start. Dan lakukan pengetesan lewat web browser.

3. Kemudian jika ingin diberi security sehingga hanya user tersebut yang dapat mengakses dengan perintah /opt/lamp/lamp security. Disitu kita di kasih pilihan untuk mengisikan password atau tidak seperti databae MySQL, ftp, dll. Dan lakukan pengetesan kembali maka akan keluar authentifikasinya.

4. Dengan ini maka lamp bekerja dengan baik, setelah itu lakkukan konfigurasi pada file httpd.conf dengan perintah vi /opt/lamp/etc/httpd.conf. Yang paling utama hilangkan tanda pagar pada option include /etc/extra/httpd-vhosts.conf.

5. Kemudian setting pada file yang tadi sudah kita hilangkan tanda pagarnya yaitu dengna perintah vi /opt/lampp/etc/extra/httpd-vhosts.conf. Lakukan konfigurasi seperti server name, name virtual host, documentroot, dll. Untuk lebih lengkapnya perhatikan gambar berikut. Jangan lupa jika kita lmembuat lebih dari dua domain saat setting file tersebut tambahkan IP masing-masing domain pada * di NameVirtualHost *:80

6. Jika kita ingin membuat aplikasi tambahan sebagai tampilan halaman webnya dapat menggunakan joomla, wordpress, dll. Disini kita akan menggunakan joomla sebagai aplikasinya. Pertama ekstrak master jomla kedalam direktori yang sesuai dengan documentroot yang barusan kita setting dengan perintah tar xvfs nama masternya –C tempat direktorinya

7. Setelah itu ubah hak akses direktori tersebut dengan perintah chmod 777 /home/rendy/public_html agar hanya user tersebut dapat mengakses.

8. Kemudian lakukan penginstalan Joomla yang tadi kita ekstrak dengan cara panggil dengan domain di web browser. Dan klik next untuk melanjutkan

9. Kemudian klik next

10. Kemudian disini kita disuruh untuk memasukka pengguna, nama database, password mySQL yang kita masukkan pada saat setting security. Dan klik next.

11. Kemudia di sini kita diminta untuk memasukkan domain yang kita buat, dan klik next

12. Setelah itu isikan url dari domain kita, document rootnya, email admin, password admin, klik next untuk melanjutkan.

13. Disini kita telah berhasil malakukan penginstalan. Dan untuk melakukan pengeditan klik pada Administration dan login dengan user dan passwordnya.

Masalah yang sering muncul yaitu:

· Kesalahan pengeditan file httpd-vhost.conf

· Belum di hilangkan tanda pagar pad include /etc/extras/httpd-vhost.conf

· Kesalahan pada Database MySQL.

lintasberita

Share |
Silakan Pasang Link Anda Di Bawah Ini Dan Jangan Lupa Pasang Balik Link saya.
Thanks,
Recent Comment And Contact Us
foxyform.com
 
Selamat datang di Rendy'site | Terimah kasih atas kunjungannya. Tanbahkan komentar dan saran anda untuk perubahan yang lebih baik pada blog ini !