English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Cara Setting DNS di Mandrake 10

.


1. Setelah selesai menginstal dengan complete, install aplikasi yang digunakan untuk DNS yaitu bind chacing dengan cara ketik perintah # urpmi bind chacing.

2. Kemudian buatlah zona forward dan zona reverse dengan cara ketik perintah vi /etc/named.conf

3. Disini buatlah masing-masing zona untuk domain yang nantinya kita buat, sehingga seperti gambar berikut. Jika sudah selesai save dengan perintah :wq

4. Setelah selesai masuk ke direktory named dengan cara cd /var/named/, kemudian copy file named.local ke masing-masing nama file zona forward dan reverse yang tadi dibuat, dengan perintah cp named.local rendy(nama file zona forward), kemudian cp named.local com(nama file zona reverse)

5. Kemudian lakukan edit file zona forwardnya, sehingga seperti berikut.

6. Selajutnya edit juga untuk file zona reversenya.

7. Setelah itu masuk ke directory resolv.conf dengan cara vi /etc/resolv.conf, disitu tambahkan search, domain untuk domain yang dibuat sedangkan nameserver ip yang digunakan.

8. Kemudian restart named dengan cara service named restart, sehingga muncul seperti berikut apabila tidak ada masalh pada konfigurasi namednya.

9. Setelah itu lalukan uji coba domain yang dibuat dengan cara perintah nslookup dan ping domainnya tersebut. Jika berhasil maka akan muncul seperti berikut

lintasberita

Share |
Silakan Pasang Link Anda Di Bawah Ini Dan Jangan Lupa Pasang Balik Link saya.
Thanks,
Recent Comment And Contact Us
foxyform.com
 
Selamat datang di Rendy'site | Terimah kasih atas kunjungannya. Tanbahkan komentar dan saran anda untuk perubahan yang lebih baik pada blog ini !