English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

The Dude Network monitor dari mikrotik

.

The Dude Network monitor adalah aplikasi baru dari mikrotik yang mana dapat menjadi sebuah jalan anda untuk mengatur lingkungan jaringan anda, the dude akan otomatis membaca dengan cepat semua alat/computer yang terhubung dalam jaringan dalam satu jaringan lokal, menggambar dari rancangan peta dari jaringan lokal anda, mengamati layanan dari alat atau komputer dan memberitahu jika ada masalah servis dari alat/komputer dalam jaringan lokal anda.

Beberapa fitur yang tersedia dalam program the dude adalah :

  1. Dude bersifat gratis.
  2. Instalasi dan pemakaian mudah.
  3. Penemuan jaringan otomatis dan pengaturan tata letak jaringan.
  4. Mengizinkan anda untuk menyusun peta-peta sendiri dan menambahkan alat-alat sendiri.
  5. Dukungan untuk mengamati servis yang berjalan pada alat/komputer tersebut.

Uraian tersebut diatas adalah sedikit penjelasan tentang the dude network monitor dan beberapa fitur yang ada dalam the dude network monitor meskipun masih banyak lagi fasilitas yang di berikan oleh the dude, akan tetapi penulis akan mencoba memberikan sedikit tentang the dude network monitor yang sesuai dengan fitur yang ada.

The Dude bersifat gratis karena dapat di download di website milik mikrotik, pada saat artikel ini di buat penulis mendownload aplikasi the dude di alamat milik mikrotik yaitu http://www.mikrotik.com/download.html.

Langkah-langkah instalasi aplikasi the dude

  1. Download aplikasi the dude dari official website mikrotik.
  2. Setelah proses download selesai, jalankan proses instalasi seperti pada gambar dibawah ini :




  1. Setelah tampil seperti gambar diatas maka klik next, mka akan tampil seperti pada gambar dibawah ini :

  1. Klik tombol I Agree untuk melanjutkan proses instalasi, kemudian akan tampil seperti pada gambar dibawah ini :

  1. Pilih bahasa yang digunakan dalam bahasa penggunaan aplikasi, klik Next maka akan tampil seperti pada gambar dibawah ini :

  1. Setelah anda klik next kemudian pilih dimana aplikasi tersebut akan diinstal, kemudian klik install dan proses instalasi akan dimulai. Setelah proses instalasi berakhir maka akan muncul form seperti gambar dibawah ini :

  1. Proses instalasi the dude telah berakhir, jika anda ingin menjalankan the dude setelah proses instalasi maka pilih tanda centang pada Run The Dude. Klik Finish.

Kita telah menjalankan proses instalasi fitur yang kedua dari the dude network monitor. Mudah bukan ???, selanjutnya kita akan menjalankan aplikasi dengan fitur ketiga dari the dude network monitor yaitu penemuan jaringan otomatis dan pengaturan tata letak jaringan.

Langkah-langkah untuk menemukan jaringan adalah sebagai berikut :

  1. Setelah kita menjalankan aplikasi maka akan muncul form seperti dibawah ini :

  1. Dapat kita lihat saat pertama kali kita menjalankan the dude, akan muncul sebuah form Device Discovery form inilah yang akan mencari sebuah alat/komputer pada jaringan yang terhubung dalam satu subnet yaitu 192.168.0.0/24. Range IP yang dicari adalah 192.168.0.1-192.168.0.255. pada form device discovery lita pilih fast agar kita dapat dengan cepat menemukan sebuah alat/komputer, hanya dengan scan by ping jadi servis yang akan discan hanyalah ping saja dari alat/komputer yang terhubung pada sebuah jaringan.

  1. kemudian pada tab services dapat kita lihat apa saja yang bias kita scan servisnya akan tetapi jika kita memakai fast scan maka kita hanya akan scan servis ping saja.

  1. Pada tab Device type dapat kita lihat alat/komputer apa saja yang akan discan diantaranya Bridge, FTP Server, Mikrotik Device, Mail Server dan lain-lain. Silakan di pelajari untuk yang lain. Klik discover untuk mulai pencarian alat/komputer.
  2. Setelah selesai pencarian alat/komputer maka akan muncul jaringan dalam satu subnet yang kita cari yaitu seperti pada gambar dibawah ini :

  1. Setelah proses pencarian selesai maka akan muncul seperti pada gambar diatas. Sebagai catatan jika komputer dalam sebuah jaringan firewall nya hidup dan icmp echo request nya tidak dihidupkan maka komputer tersebut tidak dapat discan oleh the dude. Pada gambar diatas dapat dilihat ada sebuah alat/komputer yang tergambar hanya dengan IP saja dan ada yang berupa nama komputer nya, hal tersebut dikarenakan Netbios dari komputer ada yang mati dan ada yang hidup.

Selesai sudah fitur untuk penemuan jaringan dalam satu subnet secara otomatis, sekarang kita mencoba belajar tentang bagaimana kita menambhakan alat/komputer dalam sebuah peta dalam sebuah jaringan komputer.

Langkah-langkah untuk menambahkan alat/komputer dalam sebuah jaringan adalah sebagai berikut :

  1. Tekan tombol plus merah seperti pada gambar berikut ini :

  1. dapat kita lihat pada gambar diatas tanda plus untuk menambahkan device, network, submap, static dan link yang akan coba saya jelaskan adalah device, network dan link. Device disini adalah alat/komputer yang akan digambar dalam peta jaringan tersebut. Network adalah banyak device yang terhubung dalam jaringan tersebut. Link adalah jalan menghubungkan antara device dengan network tersebut. Dari gambar diatas selanjutnya kita pilih device untuk menambhkan alat dalam jaringan tersebut. Setelah kita klik device maka akan muncul form seperti di bawah ini :

  1. Form diatas adalah form untuk menambahkan device misal seperti pada gambar tersebut kita menamabahkan device dengan spesifik IP 192.168.0.234. kita bisa memasukan username dan password jika device tersebut support akan telnet ataupun winbox. Biasanya ini kita gunakan hanya untuk komputer server yang menggunakan mikrotik ataupun komputer yang support telnet. Setelah kita memberikan IP pada device yang akan kita tambahkan klik Next hingga tampil seperti pada gambar dibawah ini :

  1. Pertama kali kita akan diberi daftar kosong, servis apa saja dari komputer tersebut yang akan kita scan. Untuk cara menambahkan servis kita klik tanda plus merah di pojok kiri atas form. Setelah kita klik maka akan tampil seperti gambar dibawah ini :

  1. Pada gambar diatas kita bisa gunakan servis ping dari komputer tersebut, kita pilih probenya adalah ping jadi kita akan cek komputernya dengan servis ping saja. Probe Interval, Probe Timeout dan Probe Down Count nya kita pilih default saja. Kemudian klik Ok, makan akan muncul device yang telah kita buat sendiri, seperti pada gambar dibawah ini :

  1. Setelah kita menambahkan device baru kita bisa menambahkan link yang menghubungkan antara device dengan network. Kita kembali ke langkah pertama dengan menekan tombol plus merah pada pojok kanan atas, kemudian pilih link. Kita sambungkan antara device dengan network. Akan tampil seperti pada gambar dibawah ini :

  1. setelah kita menambahkan link antara device yang baru kita buat dengan network maka akan muncul form seperti dibawah ini :

  1. Kita pilih mastering typenya adalah simple dan typenya adalah some link (artinya sembarang type dari koneksinya karena kita bisa pilih disitu jika card lan support gigabyte fast ethernet maka bisa kita bilih gigabyte fast ethernet).

Nah selesai sudah untuk pembuatan device dan pembuatan link yang baru sekarang kita bisa mengamati jaringan kita dengan menggunakan the dude. Sekarang untuk yang terakhir yaitu mengamati jaringan coba kita lihat gambar dibawah ini :

Pada gambar diatas pada Router P Dinda dapat kita lihat berwarna merah karena servis dari router tersebut mati dan servis yang mati tersebut adalah servis ping, maka dapat dipastikan bahwa router tersebut telah mati atau ada masalha pada jaringan yang menuju ke Router P Dinda. Jika kita lihat properties dari Router P Dinda maka akan muncul form seperti dibawah ini :

Dapat kita lihat properties dari Router P Dinda servis yang ditunjukan down. Seharusnya jika servis tersebut dalam keadaan hidup maka servis tersebut berubah warna menjadi hijau. Nah mudah bukan ???

Selesai sudah pengetahuan awal penggunaan aplikasi the dude network monitor dari mikrotik. Masih banyak lagi yang bisa kita pelajari dari the dude ini dan kita bisa mengaplikasikan untuk memantau dan mengamati jaringan server di lingkungan kita.

Referensi :

http://www.mikrotik.com/thedude.php


lintasberita

Share |

21 comments:

surya Balas Komentar mengatakan...

sip bang,,,,tapi untuk cliennya perlu setingn kg??
thx

M. Rendy Riskianto W. Balas Komentar mengatakan...

@surya

perlu sob...agar bisa terhubung

Anonim Balas Komentar mengatakan...

cara monitoring bandwithnya, mengetahui ip router, dan mengetahui user serta passwordnya gimana bro ?

Anonim Balas Komentar mengatakan...

mantab

Anonim Balas Komentar mengatakan...

kalo ngasi background nya gimana cara nya?

M. Rendy Riskianto W. Balas Komentar mengatakan...

@Anonim
coba pada setting terus background tapi kayaknya itu cuma warnanya aja

Anonim Balas Komentar mengatakan...

halo...nice article..

Mau tanya ne, kalau dude ngecek service yg ada di centos...semua service dah ke cek tinggal load cpu aja..
kira2 gimana caranya ya?

Anonim Balas Komentar mengatakan...

seeep

Ryan Firdyawan Balas Komentar mengatakan...

kalau tidak konek dengan web servernya itu masalahnya dimana?
dan cara memback up databasenya bagaimana untuk the dude 3.6 ??
terimakasih

Ryan Firdyawan Balas Komentar mengatakan...

kalau tidak konek dengan web servernya itu masalahnya dimana?
dan cara memback up databasenya bagaimana untuk the dude 3.6 ??
terimakasih

Alice Risoku Balas Komentar mengatakan...

mau tanya nih..
klo the dude lewat wifi bisa ke cek devicenya g?

Muhamad Saefulah Balas Komentar mengatakan...

Good .. (Y)

Anonim Balas Komentar mengatakan...

Gan ane mau tanya Neh kayaknya fasilitas The Dude masih ada yg kurang...atau memang saya ga ketemu settingnya dmn..gini neh..klo saya mau seting untuk momitoring ping time, jadi klo misal ping time besar atau lebih dari yg ssui kita seting dianggkat down..itu gmn..misalkan : ping time saya seting 100 jadi nanti klo pingnya naik diatas 100 ya dianggapnya down aja..gitu boss..gmn tuh bosss

M. Fauzi Anshari Balas Komentar mengatakan...

gan mau tanya, dude nya open source apa ga? trus bisa monitoring bandwith juga g? tolong pencerahannya gan, thanks

Anonim Balas Komentar mengatakan...

bg mau nanyak ni kalo the dude diubuntu 12.04 tidak bisa ngping kenpa ya.. Mohon untuk pencerahannya bg.
thanks : )

Dityo light voice Balas Komentar mengatakan...

Nice Article

Eka Ilman Balas Komentar mengatakan...

ijin kopas gan

surya ahmad Balas Komentar mengatakan...

gan maunanya
1.gan itu mempengaruhi kinerja server ga?
2. untuk keamannan , virus ga bisa masukkan?
3. saya instal di pc Client bukan di servernya itu pas scan nanti bisa langsung kaetauan ip mana saja yg conect ke server kan ya gan.

thanks

Anonim Balas Komentar mengatakan...

kenapa hampir semua pc yg saya install dude terbaru mengalami stop working atau runtime error pada c++ nya

dong dong23 Balas Komentar mengatakan...

louis vuitton outlet
jordan 3
nike air huarache
jordan 8
celine
oakley sunglasses
oakley sunglasses wholesale
burberry outlet
michael kors outlet
nike free run 2
kate spade outlet
louis vuitton outlet
nike outlet store
adidas superstar
michael kors outlet
coach outlet
michael kors outlet
michael kors outlet clearance
caoch outlet
coach factory outlet
tory burch outlet
ray ban sunglasses
celine
coach outlet store online clearances
louis vuitton bags
ray ban sunglasses
rolex watches
pandora jewelry
michael kors outlet
ralph lauren outlet
ralph lauren sale
burberry outlet
coach outlet online
oakley sunglasses
kobe bryant shoes
michael kors outlet
cheap oakley sunglasses
fitflop sandals
christian louboutin outlet
michael kors handbags
20164.28wengdongdong

Anonim Balas Komentar mengatakan...

kurang jelas

Posting Komentar

Jangan Lupa Tinggalkan Komentar anda Untuk Perbaikan Blog Ini!


Bila Anda Bingung Gunakan Tombol TAB

Silakan Pasang Link Anda Di Bawah Ini Dan Jangan Lupa Pasang Balik Link saya.
Thanks,
Recent Comment And Contact Us
foxyform.com
 
Selamat datang di Rendy'site | Terimah kasih atas kunjungannya. Tanbahkan komentar dan saran anda untuk perubahan yang lebih baik pada blog ini !