English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Setting Webmail Di Mandrake 10

.



1. Pastikan bahwa postfix sudah terinstal dengan perintah rpm –qa |grep postfix, jika sudah makan akan muncul seperti berikut

2. Kemudian masuk de file main.cf dengan perintah vi /etc/postfix/main.cf, dan tambahkan script seperti mydomain, my hostname, mynetworks, dll sehingga seperti gambar dibawah ini.

3. Setelah itu lakukan restart postfix dengan service postfix restart, jika berhasil akan muncul sebagai berikut.

4. Kemudian instal aplikasi imap dengan perintah urpmi imap. Lalu masuk ke file ipop3 dengan perintah vi /xinetd.d/ipop3, disitu tambahkan disable = no dan save (:wq)

5. Setting juga pada file imap dengan perintah vi /etc/xinetd.d/imap, tambahkan juga disable = no dan save.

6. Kemudian restart juga xinetd dengan perintah service xinetd restart.

7. Setelah selesai masuk ke direktori named digunakan untuk menambahkan domain mailnya di zona forward, tambahkan seperti berikut.

8. Dan lalukan restart kembali namednya.

9. Untuk melakukkan uji coba mengirim apakah berhasil dari konfigurasinya dengan lalukan telnet, dengan cara telnet nama domain emailnya 25 dan masukkan perintah mail from, rcpt to, data.Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah.

10. Kemudian uji coba apakah surat yang di kirim sampai pada user lainnya, dpat dengan perintah telnet nama domain emailnya 110 dan maukkan perintah user, pass, list, retr. Untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut.

11. Kemudian kita bisa menggunakan aplikasi squirrelmail untuk tampilan webmailnya, dengan cara ekstrak master squirrelmail kedalam direktori tertentu karena dalam cd mandrek tidak tersedia aplikasi squirrelmail

12. Dan buat virtual hostnya domain mailnya pada vhosts.conf seperti berikut.

13. Selanjutnya masuk ke direktori squirrelmail dan lalukan configurasi dengan cara ketik perintah ./configure, lalu pertama ketik no 2 lalu no 1 dan enter. Masukkan nama domainnya.

14. Setelah itu ketik huruf A dan ubah localhost ke nama domain dan enter

15. Kemudian ketik huruf B dan ubah localhost ke nama domain dan enter, sehingga menjadi seperti gambar dibawah ini.



16. Jangan lupa setiap kali melakukan perubahan ketik huruf s sebagai save dan tekan enter.

17. Kemudian kita akan menentukan folder yang nantinya untuk menyimpan email-email tersebut. Ketik no 4 lalu 1 masukkan ../data/ dan enter, selanjutnya no 2 lalu masukkan ../attach/ yang sebelumnya kita harus membuat folder attach terlebih dahulu dalam satu direktori dengan squirrelmail.



18. Kemudian lalukan pengetesan dengan cara buka web dari domain mailserver tersebut. Sehingga akan tampil tampilan awal squirrelmail

19. Masuk ke salah satu user dan passwordnya yang sebelumnya di buat dengan cara useradd nama usernya, passwd nama usernya dan masukkan paswordnya. Untuk user tersebut. Kemudian coba untuk mengirim antar user dan lihat hasilnya dari email user yang dikirimi.

lintasberita

Share |
Silakan Pasang Link Anda Di Bawah Ini Dan Jangan Lupa Pasang Balik Link saya.
Thanks,
Recent Comment And Contact Us
foxyform.com
 
Selamat datang di Rendy'site | Terimah kasih atas kunjungannya. Tanbahkan komentar dan saran anda untuk perubahan yang lebih baik pada blog ini !